Jumat, 15 Mei 2020

MANUSIA & PENYAKIT: Sebuah Kajian Teologis - Praktis Dalam Menghadapi Covid-19

 Oleh: Made Nopen Supriadi

              Tulisan singkat ini akan membahas mengenai relasi kehidupan manusia dan penyakit. Tulisan ini secara khusus akan menyoroti fakta Alkitab tentang manusia yang mengalami penyakit. Tulisan ini akan memberikan kajian secara Teologis yaitu bagaimana Allah menyikapi fakta-fakta penyakit dalam kehidupan manusia. Namun perlu dipahami terlebih dahulu pengertian sakit dan penyakit. Penyakit adalah sebuah objek dan sakit bisa menunjuk kepada keadaan. Penyajian tersebut akan dikemas secara sistematis dan tinjauan Teologis secara khusus akan menggunakan pendekatan Reformed Theology. 
A. Manusia & Alam Semesta
          Dalam buku yang berjudul Kristus, Manusia & Alam Semesta penulis telah menyajikan fakta bahwa adanya relasi yang tidak harmonis antara manusia dan alam semesta dan sebaliknya alam semesta terhadap manusia. Presuposisi penulis menyakini bahwa kejatuhan manusia ke dalam dosa adalah awal mula hadirnya disharmonis relasi manusia dan alam semesta. Keberdosaan manusia telah membuat manusia melakukan mandat budaya dengan ideal, yaitu berkuasa atas ciptaan dengan memelihara dan mengusahakan ciptaan (Lih. Kej, 1:26-28; 2:15). Setelah Kejatuhan manusia ke dalam dosa manusia berada dalam kondisi rusak total (total depravity of man). Alkitab menyajikan banyak fakta kondisi hidup manusia yang tidak ideal dan disharmonis dengan ciptaan yang lain. Begitu juga sikap manusia terhadap ciptaan yang lain.
B. Manusia & Penyakit
           Kerusakan total manusia (total depravity of man) memberikan dampak kepada keharmonisan kehidupan manusia dengan ciptaan lain. Kematian fisik kepada manusia terjadi setelah manusia jatuh ke dalam dosa. Alkitab memberikan fakta bahwa ada banyak kasus-kasus sebab kematian manusia, baik itu karena perang, kecelakaan, kelaparan, bencana alam, sakit penyakit dsb. Meskipun demikin Alkitab juga menjelaskan bahwa waktu kematian adalah kedaulatan Allah dan hal tersebut bisa terealisasi dengan beragam cara. Pada zaman Alkitab ada beragam penyakit yang menyerang kehidupan manusia. Pada bagian ini akan menuliskan tentang beberapa fakta penyakit yang menyerang manusia di dalam Alkitab dan bagaimana tindakan Allah.
          Alkitab banyak memberikan data dan fakta mengenai keadaan manusia yang terkena penyakit. Dalam kedaulatan Allah tidak ada sakit-penyakit yang terluput dari otoritas Allah. Namun manusia juga tidak bisa serta mereta melakukan klaim bahwa Allah jahat karena penyakit yang terjadi. Dalam penetapan Allah yang kekal segala sesuatu telah tertentu. Sehingga untuk menjelaskan relasi penyakit dalam kehidupan manusia, perlu melihat dalam konteks terbatas. Artinya memahami penyakit dari hubungan relasi antara manusia dengan dirinya dan lingkunganya. Hal tersebut akan dijelaskan pada bagian berikut. 
Fakta Manusia yang Terkena Penyakit Dalam PL
            Ada beberapa kisah yang akan dipaparkan untuk melihat adanya realitas penyakit di dalam Perjanjian Lama. Meskipun tidak semua dituliskan dengan lengkap, beberapa fakta ini bagi penulis sudah cukup.
1. Musa Yang Kena Kusta (Kel. 4:6-7)
          Konteks Musa terkena Kuasa adalah saat Musa mempertanyakan tanda penyertaan Tuhan. Tuhan membuktikan dengan memberikan tanda yaitu tangan musa terkena kusta dan sesudah itu pulih. Namun penyakit Kusata yang terjadi pada Musa tidak lama. Peristiwa tersebut memperlihatkan bahwa Tuhan berotoritas atas sakit-penyakit, penyakit dapat hadir jika Ia menghendaki dan penyakit juga dapat hilang jika ia menghendaki.
2. Tulah Penyakit Sampar dan Barah di Mesir (Kel. 9:1-7; 12:1-16)
          Penyakit sampar yang terjadi di Mesir sangat jelas adalah tulah kepada bangsa Mesir. Penyakit tersebut hanya tertuju kepada bangsa Mesir, padahal di Mesir juga ada umat Israel. Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa Tulah adalah kehendak Tuhan dan ditujukan khusus kepada satu bangsa untuk tujuan tertentu. Dalam konteks ini memperlihatkan tulah dimulai dan berhenti karena kehendak Tuhan. Dan Tulah tersebut dinyatakan melalui seorang utusan Tuhan bernama Musa. Tindakan Allah terhadap umat Mesir melalui tulah memperlihatkan bahwa Allah berotoritas lebih dari Firaun.
3. Miryam Terkena Kusta (Bil. 12:1-16)
       Miryam terkena kusta adalah bentuk hukuman yang dialami karena mengatai Musa. Kesalahan utama mereka bukan pada kritik terhadap perempuan Kush yang diambil Musa, tetapi mereka meragukan bahwa Musa adalah utusan TUHAN (ay. 2). Tindakan meragukan Nabi Tuhan membawa Miryam terkena kusta. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyakit yang terjadi oleh karena dosa yang terjadi dan memperlihatkan bagaimana Allah membela hamba yang dipilih untuk menyampaikan Kebenaran. 
4. Naaman Yang Sakit Kusta (2 Raj. 5:1-19)
         Naaman terkena kusta padahal dia seorang panglima perang Kerajaan Aram. Seorang panglima juga bisa terkena sakit kusta. hal tersebut menunjukkan bahwa kekuatan fisik dan jabatan tidak bisa menghindarkan manusia dari serangan penyakit. Naaman pada kisah Alkitab mengalami kesembuhan deri penyakit Kusta setelah mencelupkan diri di Sungai Yordan sebanyak tujuh kali ata sperintah nabi Elisa. Kisah tersebut menunjukkan bahwa Tuhan berotoritas atas kesembuhan penyakit. Pada kisah selanjutnya Gehazi pembantu Elisa terkena sakit Kusta (2 Raj. 5:20-27) karena kebohongannya terhadap Elisa. Hal tersebut menunjukkan Tuhan berotoritas menghendaki penyakit hadir pada Gehazi sebagai realisasi penghukuman terhadap kebohongannya.
6. Raja Uzia yang Terkena Kusta (2 Taw. 26:1-21)
         Raja Uzia terkena sakit Kusta karena ia melakukan pelanggaran dalam ceremonial ibadah kepada Allah. Raja Uzia membakar korban yang bukan tugasnya. Tindakan raja Uzia akhirnya mendapat konsekuensi yaitu munculnya penyakit kusta pada dirinya. Hal tersebut dopahami sebagai tindakan Allah menghukum pelanggaran raja Uzia. Dari beberapa kasus menunjukkan bahwa penyakit Kusta sering menjadi alat yang Tuhan gunakan untuk menyatakan otoritasnya atas kesehatan manusia.
7. Raja Hizkia yang sakit (2 Taw. 32:24-33)
          Raja Hizkia hampir meninggal karena sakit, namun Tuhan memberikan kesembuhan kepadanya, umurnya ditambahkan oleh Tuhan. Setelah sembuh Hizkia menjadi tinggi hati dan ia menyesal kembali. Kisah tersebut menunjukkan bahwa Tuhan bukan hanya berotoitas menghendaki adanya penyakit dalam kehidupan manusia, tetapi lebih daripada itu Tuhan berotoritas menetapkan usia hidup manusia. Dari kisah Hizkia menunjukkan penyakit menjadi salah satu saranan untuk Tuhan membatasi usia hidup manusia. Namun penyakit juga menjadi salah satu sarana untuk menyatakan kemuliaan Allah.
Fakta Manusia yang Terkena Penyakit Dalam PB
         Secara ringkas Perjanjian Baru di dalam Kitab Injil banyak menunjukkan orang-orang yang terkena beragam penyakit baik itu sakit ayan, lumpuh, kusta, demam, sakit bungkuk, sakit busung air, sakit pendarahan selama 12 tahun dll  (Lih. Mat. 4:24, 8:2,6,14; Mar. 1:30, 40; Luk. 13:11, 14:2; Yoh. 4:46, 5:5). Pelaku utama dalam penyembuhan penyakit itu adalah Yesus Kristus. Dalam kisah-kisah Injil memperlihatkan bahwa penyakit tidak serta merta karena hukuman Allah atas dosa, tetapi karena Kehendak Allah akan dinyatakan. Banyak kasus orang-orang yang sakit dalam Kitab Injil lebih memfokuskan kepada penyataan Kerajaan Allah. Hal tersebut terlihat ketika Yesus melakukan penyembuhan penyakit maka damai sejahterah dihadirkan. Penyembuhan penyakit yang dilakukan Yesus menjadi salah-satu tanda realisasi Kerajaan Allah. 
        Dalam Kitab Injil memperlihatkan bahwa banyaknya manusia yang mengalami sakit-penyakit menunjukkan bahwa manusia tidak kebal terhadap penyakit. Tubuh manusia memiliki kekuatan yang terbatas untuk dapat menahan penyakit. Oleh karena itu kehadiran Yesus yang menyembuhkan penyakit, bukan untuk menyadarkan manusia bahwa setiap penyakit yang smebuh selalu butuh mujizat, tetapi tindakan Yesus menyembuhkan penyakit untuk menunjukkan integritas ajaran-Nya dan untuk menunjukkan bahwa manusia lemah dan kehidupan manusia butuh anugerah Allah.
Dalam Kisah Para Rasul juga memperlihatkan fakta-fakta di mana beberapa Rasul diberikan otoritas oleh Yesus untuk menyembuhkan penyakit (Lih. Kis. 3:1-10, 5:12-16, 19:12, 28:8). Paulus juga mengingatkkan Timotius agar meminum sedikit anggur karena ada masalah kesehatan. Selanjutnya dalam Kitab Yakobus ada penyakit yang disembuhkan dengan dioleskan minyak hal tersebut menunjukkan adanya pola penyembuhan penyakit. Sehingga manusia diingatkan Tuhan bahwa penyakit tidak hanya dapat disembuhkan dengan mujizat, Tuhan juga menghendaki cara-cara medis dan pola kesehatan untuk dapat menyelesaikan sakit-penyakit. 
Kajian Teologis
         Dengan demikian realitas penyakit telah muncul dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah Alkitab. Fakta-fakta Alkitab menunjukkan bahwa penyakit yang dialami oleh manusia tidak terluput dari otoritas Allah. Penyakit tersebut bisa mendatangkan kematian, namun ada juga manusia yang bisa pulih dari penyakit. Oleh karena itu melalui fakta-fakta tersebut menunjukkan bahwa manusia memiliki kelemahan dalam tubuhnya sehingga penyakit dapat menyerang setiap manusia dalam usia berapa saja. Namun ada kasus-kasus yang perlu diperhatikan bahwa ada penyakit yang memang menunjukkan adanya problematika spiritualitas dalam kehidupan manusia. Penyakit yang terjadi dalam kehidupan manusia adalah buah dari keberdosaan manusia yang jatuh ke dalam dosa. Keharmonisan kehidupan manusia menjadi rusak karena dosa, sehingga salah satu hal yang dialami oleh manusia adalah sakit penyakit. Tetapi perlu diingatkan bahwa tidak semua sakit penyakit disebabkan karena dosa. Penyakit adalah salah satu dampak kejatuhan manusia di dalam dosa, namun tidak berarti setiap manusia mutlak harus sakit meskipun statusnya manusia berdosa. Penyakit adalah kondisi disharmonis yang terjadi setelah kejatuhan manusia ke dalam dosa, oleh karena itu banyak fakta Alkitab menunjukkan manusia bisa mengalami maut karena sakit penyakitnya. 
Yesus Kristus telah melakukan karya penebusan dosa terhadap manusia yang telah dipilih untuk diselamatkan. Namun penebusan Yesus kepada manusia yang berdosa tidak nmenghilangkan realitas adanya penyakit di dalam dunia. Namun Yesus menyelesaikan masalah utama puncak dari serangan penyakit yaitu kematian. Kematian yang dimaksud ini adalah kematian kekal di neraka. Artinya Penebusan Yesus pada masa lalu dan masa kini tidak menghilangkan realitas bahwa manusia bisa terkena penyakit. Tetapi fokus utama adalah banyak penyakit yang menyerang manusia telah membawa manusia kepada kematian. Namun saat kematian ada banyak manusia yang masih terikat dosa karena tidak percaya kepada Yesus Kristus. Oleh karena itu Yesus Kristus memberikan sebuah fokus iman kepada manusia. Sehingga sekalipun sebagai mansuia kita akan mengalami penyakit, bahkan penyakit tersebut dapat mengahantarkan kita pada kematian fisik. Namun Karena karya penebusan Yesus orang percaya terbebas dari kematian kekal sekalipun mati karena penyakit secara fisik.
         Selanjutnya Ada konsep yang perlu dipahami bahwa dari mujizat menunju kepada hikmat. Artinya secara Teologis Allah pernah memberikan mujizat untuk penyembuhan penyakit, tetapi konteks terjadinya mujizat harus diperhatikan, beberapa konteks menunjukkan peristiwa tersebut tidak serta merta terjadi disemua zaman Alkitab. Hal tersebut dapat terlihat dari fakta Alkitab, mujizat hanya terjadi pada masa-masa tertentu dan dengan tujuan tertentu sesuai kehendak Allah. Pada masa PB dan masa kini, telah ada pola kesehatan medis dalam menyembuyhkan penyakit. Allah telah membukakan hikmat begitu banyak kepada manusia dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang medis, sehingga pada masa kini ada banyak obat yang telah diramu dan alat medis yang adapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Hal tersebut menunjukkan adanya pola dari Mujizat menunju kepada hikmat (from miracels to wisdom). Sehingga pada masa kini orang percaya dapat menggunakan sarana medis sebagai media penyembuhan penyakit. Namun orang percaya juga tidak bisa mengabaikan konsep bahwa tetaplah kesembuhan penyakit ada dalam kehendak Allah. Oleh karena itu orang percaya tidak bisa melupakan prinsip berdoa dan berjuang dalam mengahadapi penyakit.
         Penyakit hanyalah salah satu alat yang digunakan Allah untuk menunjukkan kepada manusia bahwa manusia adalah ciptaan yang tetap memiliki batasan. Baik itu batasan dalam hal kekuatan fisik, batasan usia dan batasan pengetahuan. Penyakit yang ada terjadi dalam kehdiupan manusia menunjukkan bahwa mansia harus memiliki sikap hidup yang rendah hati, artinya jika pintar soal medis tetap hormati Tuhan dan jika sedang sakit tetap hormati Tuhan. Ada banyak manusia ketika sedang sakit tidak hormati Tuhan, ada yang tidak menghormati dengan bergantung pada rasio saja yaitu hanya percaya pada ilmu-ilmu medis. Lalu ada yang tidak menghormati dengan bergantung pada ilmu-ilmu mistis. Oleh karena itu penyakit yang mewaranai banyak kehidupan mansuia dapat dipakai Allah untuk mengarahkan manusia agar menyagadari otoritas Allah atas kehidupannya. Karena manusia bisa saja dimatikan oleh penyakit, celakanya jika manusia dimatikan Allah melalui penyakit dan saat dimatikan manusia tidak menghormati Allah, maka manusia mengalami kondisi yang menyedihkan.
        Penyakit semakin mendorong manusia untuk melakukan mandat budaya (culture mandate). Allah telah memberikan mandat agar manusia berkuasa atas cipataan yang lain. Penyakit ada yang disebabkan karena makhluk ciptaan lainnya, sehingga manusia memiliki tanggung jawab untuk menaklukan penyakit tersebut dengan mengelola alam semesta ini untuk menemukan obat yang tepat. Dengan demikian manusia tidak bersifat pasrah dan menyerah terhadap penyakit yang dialami. Perjuangan orang percaya dalam menaklukan sakit penyakit dapat menunjukkan kesetiaan dalam melakukan mandat budaya. 
         Penyakit tetap ada dalam kedaulatan Allah. Fakta-fakta Alkitab menunjukkan  Allah berotoritas terhadap sakit penyakit. Lalu bukankah Allah berkarya mendatangkan kebaikkan?. Banyak orang percaya terjebak konsep salah memahami kebaikkan Allah, kebaikkan Allah sering dinilai secara subyektif oleh manusia. Sehingga menilai kebaikkan Allah dari sudut kebaikkan apa yang dialami secara pribadi dan banyak mengabaikan melihat kebaikkan apa yang terjadi di luar dirinya akibat penyakit yang dialami. Tidak ada satu bagian kehidupan mansuia yang terluput dari kedaulatan Allah. Penetapan Allah dari kekal tidak berubah. Oleh karena itu baik sakit penyakit tetap sudah ada dalam penetapan Allah yang kekal. Lalu bagaimana menilai penyakit yang hadir saat ini?. Alkitab menjelaskan bahwa penetapan Allah ada di dalam kasih-Nya, sehingga mansuia harus berpikir dengan luas terhadap fakta sakit penyakit yang terjadi dalam kehidupannya. Terkadang keberdosaan manusia cenderung mengarahkan manusia untuk berpikir secara sempit dan subyektif melihat kelemahan yang terjadi bahkan sakit penyakit. Oleh karena miliki perspektif yang luas untuk menilai apakah yang terjadi tidak ada kebaikkan. Allah di dalam penetapan-Nya atas sejarah membawa sejarah dunia untuk memuliakan nama-Nya. Sehingga manusia juga harus menyadari bagaimana tetap memuliakan Allah dalam situasi sulit oleh karena sakit penyakit.
Sikap Terhadap Covid-19
         Coronavirus Disease 19 (Covid-19) adalah penyakit yang disebabkan oleh karena virus. Penyakit yang ditimbulkan adalah gejala sesak nafas akut yang bisa membawa kematian. Hingga saat ini belum ada vaksin khusus untuk serangan virus ini. Bagaimanakah sikap orang percaya?. Rasa takut terhadap virus ini wajar, namun jangan sampai rasa takut akhirnya membuat orang percaya tidak memuliakan Tuhan. Justru dengan adanya virus ini orang percaya yang dipanggil Allah dalam bidang medis dan ilmuwan medis semakin menunjukkan perjuangan dan dedikasinya secara optimal untuk menemukan vaksin dan obat terjadap virus ini. Dan bagi orang percaya yang terpanggil dalam bidang ekonomi dan pengajar semakin menunjukkan dedikasinya dalam memuliakan Allah dengan memberikan pertolongan baik dana dan moral untuk menolong pengadaan alat-alat medisa dan para pengajar bersama-sama mensosialisasikan bagaiamana menjalani kehdiupan berdampingan dengan wabah Covid-19. Wabah virus ini memang banyak menimbulkan kemandekan bagi pola kehidupan manusia, tetapi kita tidak boleh menuntup mata bahwa meskipun dalam sudut pandang kita ada hal negatif yang terjadi yaitu kematian banyak orang karena virus. Namun kita melihat adanya pemulihan alam semesta di berbagai tempat. Banyak manusia menahan diri untuk mengeksploitasi alam dan memberhentikan pabrik-pabrik sehingga ada waktu alam menjadi segar kembali. Namun masih tetap sulit bagi manusia untuk bisa menilai adanya sebuah kebaikkan ditengah banyaknya kematian manusia karena virus ini. Sejarah pada abad pertengahan menunjukkan adanya wabah besar yang melanda Eropa dan membunuh banyak penduduk Eropa, namun situasi tersebut menuntut penduduk Eropa untuk hidup berdampingan dengan wabah dan terus berjuang menemukan obat yang tepat. Demikian juga realita kita saat ini, kita akan dituntut hidup berdampingan dengan Covid-19, meskipun itu dapat mematikan, tetapi sambil vaksin ditemukan kita dapat melaukan kheidupan kita dengan pola-pola yang tetap juga dilakukan dengan hikmat (memakai maske, social distancing, physical distancing, menjaga kebersihan lingkungan dll). Kita juga perlu memiliki kesadaran bahwa kematian tetap ada dalam otoritas Allah, meskipun ada manusia yang meninggal karena Covid-19 tetaplah kematian itu ditetapkan oleh Allah, hanya saja pada konteks tersebut Covid-19 menjadi salah satu alat untuk merealisasikan keterbatasan umur manusia. Namun orang percaya harus tetap menyadari ada juga manusia yang masih bisa sembuh dari virus tersebut. Oleh karena itu mari fokuskan kehidupan kita untuk selalu mempermuliakan Allah. Covid-19 bisa memmbunuh tubuh tidak membunuh iman. Covid-19 masih bisa dilawan dengan hikmat yang ada saat ini meskipun belum 100% berhasil tetapi Allah menghendaki kita juga menggunakan hikmat tersebut. Pusat kehidupan kita manusia adalah mempermuliakan Allah, sehingga jangan sampai ketakutan pada Covid-19 membaw kita gagal mempermuliakan Allah. 
Ecclesia Reformata Semper Reformanda Secundum Verbum Dei 



Minggu, 15 Desember 2019

HIDUP BERSAMA: Sebuah Refleksi Terhadap Mazmur 133:1-3

Oleh: Made Nopen Supriadi
       Mazmur 133:1-3 adalah salah-satu Mazmur Ziarah. Mazmur ziarah merupakan tulisan yang menunjukkan keriduan Pemazmur berjalan menuju tempat yang kudus. Dalam Kitab Mazmur ada 15 Mazmur Ziarah, yaitu Mazmur 120-134. Dalam Mazmur Ziarah ada beberapa latar belakang yang perlu kita tahu, yaitu:

     1.      Ziarah menunjuk kepada kerinduan Daud kembali ke Yerusalem pada waktu dia keluar dari Yerusalem karena dikejar-kejar musuh. 
      2.      Ziarah menunjuk pada Salomo yang merindukan anak-anaknya datang kepada Tuhan.
      3.      Ziarah yang menunjuk umat Israel datang ke rumah Tuhan.

         Mazmur 133 menunjuk kepada latar belakang yang ke tiga. Jadi Daud menggubah Mazmur ini untuk mengingatkan umat Israel yang datang ke rumah Tuhan bersama-sama. Dalam terjemahan NIV istilah 'diam bersama' dituliskan dengan 'live together' yang artinya 'hidup bersama'. Maka istilah 'Hidup Bersama' dalam pembahasan ini menunjuk kepada kebersamaan manusia datang ke rumah Tuhan dan berada bersama di rumah Tuhan. Oleh karena itu melalui firman Tuhan ini kita akan belajar apa yang ditekankan dalam Pemazmur, ketika manusia 'hidup bersama'?.

      1.      Kebersamaan dalam Persatuan (ay. 1)11
         Istilah ‘diam bersama dengan rukun’ (NIV: Brothers live together in unity). Memiliki arti saudara-saudara hidup bersama dalam kesatuan. Jadi kebersamaan datang ke rumah Tuhan, juga diwarnai dengan rasa kesatuan. Konteks Alkitab menunjukkan bahwa Umat Israel memiliki 12 suku, Daud mengharapkan mereka tetap memiliki kesatuan dalam kebersamaan mereka datang ke Bait Suci. Lalu saat datang ke Bait Suci bukan hanya ada orang Israel, tetapi bangsa luar juga hadir, sehingga persatuan dalam kebersamaan datang ke rumah Tuhan, tidak hanya kepada pada orang-orang satu Kerajaan, tetapi juga dari luar kerajaan.
       Tuhan Yesus juga mengajarkan para Murid agar membangun sikap positif dan baik kepada orang-orang di luar Suku Isarel. Kisah Yesus dan perempuan Samaria menunjukkan bagaimana Yesus memberikan sebuah prinsip bahwa kebersamaan dalam Kebersamaan menembus batas-batas tradisi, suku dan bangsa. Dalam membangun kesatuan ada banyak problematika yang dihadapi, salah satunya adalah megalomania, hal ini merupakan sebuah kondisi dimana manusia merasa lebih besar dari yang lainnya. Tuhan Yesus pernah menghadapi masalah ini saat bersama dengan para Murid, ketika Yohanes dan Yakobus 'berambisi' untuk duduk di sebelah kanan dan kiri Yesus (Mat. 20:20-28). Namun Tuhan Yesus mengatasi pemahaman tersebut dengan memberikan prinsip jika ingin menjadi yang terutama maka menjadi hamba bagi semuanya.
         Kesatuan dalam kebersamaan merupakan prinsip penting yang perlu dibuat dalam sebuah persekutuan. Kebersamaan tanpa perskeutuan maka kebersamaan tersebut adalah kebersamaan yang palsu. Kesatuan memang penting, namun untuk mewujudkannya tidaklah mudah, sejarah menunjukkan ada banyak ancaman dalam kesatuan Gereja, baik eksternal maupun internal. Oleh karena itu sangat penting membentuk sebuah kebersamaan dalam kesatuan, meskipun sulit namun setiap orang percaya setidaknya telah berusaha membangun kesatuan.

      2.      Kebersamaan dan Kekudusan (ay. 2)
          Minyak yang baik yang meleleh dari janggut ke jubah Harun menunjukkan minyak yang baik tersebut berfungsi sebagai pengurapan untuk Harun. Dalam Keluaran 30:30 menyatakan bahwa Harun dan anak-anaknya diangkat menjadi Imam bagi umat Israel dan sebelum memegang jabatan imam maka Harun dan anak-anaknya diurapi dengan minyak urapan kudus. Hal tersebut menunjukkan pengudusan dalam pentahbisan Harun. Demikian juga Kebersamaan yang dituliskan Daud bukan hanya Kebersamaan yang memiliki kesatuan, tetapi Kebersamaan yang juga memiliki kekudusan.
       Ada kelompok teroris mereka bersekutu dan bersatu tetapi bersama-sama untuk melakukan aksi terorisme, apakah demikian juga dalam kehidupan keKristenan di Gereja?. Karena itu yang membedakan Gereja dengan dunia adalah adanya nilai kekudusan dalam sebuah Kebersamaan yang bersatu. Calvin menuliskan: "Jika Allah menerapkan standar kekudusan-Nya maka semua orang Kristen akan keluar dari Gereja. Namun tetaplah bersyukur jika hanya satu langkah kecil atau sedikit perubahan yang terjadi, itu artinya masih ada harapan."
        Oleh karena itu Gereja tidak cukup hanya membangun kesatuan, tetapi hendaknya mengikat kesatuan dengan kekudusan. Jika kesatuan Gereja tidak diikat dengan kekudusan, maka munculnya sebuah kondisi di mana dosa mengisi sebuah kesatuan Gereja atau pun sebuah persekutuan. Kasus demikian telah terjadi pada waktu Tuhan Yesus hadir di Bait Suci, Ia melihat banyak orang bersatu bersama-sama di Bait Suci untuk berjualan dan di dalamnya mereka melakukan sebuah kejahatan, sehingga Tuhan Yesus mengusir mereka. Kemudian para imam-imam di Bait Suci yang bersatu namun memikirkan hal yang berdosa, yaitu mereka memikirkan rencana untuk membunuh Yesus. Dengan demikian celakalah Gereja!, jika bersatu namun tanpa kekudusan, maka Gereja tersebut atau lembaga rohani apa pun hanya akan menjadi alat setan, untuk merusak kehidupan orang percaya. Maka Gereja sangat perlu membangun kesatuan dan juga kekudusan.

      3.      Kebersamaan  yang Menghidupkan (ay. 3)
          Daud dalam perenungannya, melihat bahwa kebersamaan orang-orang yang datang berziarah, tidak hanya cukup mereka membangun kesatuan dan kekudusan, tetapi perlu untuk menciptakan suasana yang hidup dalam persekutuan. Dalam ayat ke 3 menunjukkan Gunung Hermon adalah gunung yang berada di sebelah Utara Israel dan Gunung Sion ada disebelah selatan Israel, jarak Gunung Hermon ke Gunung Sion adalah 400 KM. Apakah mungkin embun dari Hermon menuju ke Sion?. Tidak mungkin. Gunung Hermon memiliki embun atau es, embun dan es yang mencair mejadi sumber air bagi sungai Yordan. Air sungai Yordan inilah yang dimanfaatkan menjadi sumber air yang memberi kehidupan bagi umat Israel di Sion.
         Jadi Daud mengharapakn agar Umat Israel membentuk Kebersamaan yang tidak hanya bersatu dan kudus, tetapi memberikan kehidupan. Kebersamaan yang bersatu dan kudus tanpa memberikan kehidupan, sama seperti sebuah Kebersamaan yang terikat pada legalitas agama. Jika tidak kudus maka tidak bisa bersekutu, jika berdosa maka tidak bisa bersekutu dengan Tuhan. Apakah demikian konsep dalam iman Kristen?. Tuhan Yesus menunjukkan kasus dimana manusia bersekutu namun terikat legalisme, yaitu ketika kelompok orang Farisi, ahli Taurat dan Para Imam Bait Suci yang memandang hina orang berdosa, perempuan yang berzinah, orang yang miskin, pemungut cukai dan orang yang di salib dipandang hina. Mereka bersekutu? Ya!. Mereka bersatu? Ya!. Mereka menjaga kekudusan lahiriah? Ya!. Tapi kelompok mereka memberikan rasa kematian kepada orang-orang berdosa. Tuhan Yesus justru menunjukkan bahwa Ia datang kepada orang yang sakit, baik jasmani dan rohani. Datang kepada orang yang miskin, baik materi dan rohani.
          Tuhan Yesus memberikan gambaran sebuah Kebersamaan yang kudus namun tidak terikat oleh legalisme yang mematikan. Tuhan Yesus mengajarkan sebuah Kebersamaan yang bersatu, kudus dan memberi kehidupan. Ungkapan ’Kesanalah Tuhan memerintahkan berkat’ menunjukkan bahwa sumber berkat adalah Tuhan. Sebagai sumber berkat Tuhan memerintahkan berkat tersebut tertuju kepada umat Israel yang pergi bersekutu ke rumah Tuhan. Artinya bukan karena hebatnya Kebersamaan maka berkat pasti diberikan Tuhan. Tetapi karena Tuhan memberkati maka Kebersamaan memberikan kehidupan. Bahkan Kebersamaan tersebut membawa manusia untuk menikmati sebuah kehidupan yang bernilai. Dengan demikian jika dalam kebersamaan, telah berhasil menciptakan kesatuan, kekudusan dan kehidupan namun tidak ada hak untuk menuntut Tuhan memberkati kebersamaan tersebut. Karena Tuhanlah yang berhak memberikan berkat tersebut.

Penutup
        Hidup bersama itu perlu, namun dalam kebersamaan juga harus menjaga prinsip-prinsip penting, yaitu dengan memiliki kesatuan, kekudusan dan kehidupan. Ketiga prinsip tersebut perlu diseimbangkan dalam sebuah Kebersamaan. Kesatuan yang baik dan indah memperlihatkan kekudusan dan kekudusan yang sejati memberikan kehidupan. Soli Deo Gloria.

(Tulisan ini sudah dikhotbahkan di Pos PI GEKISIA Kota Bengkulu, di Kelapa, Bangka
pada 15 Desember 2019).